Kunjungan Kementerian PUPR ke TPA Cahaya Kencana

218

Martapura, InfoPublik – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia mengajak sebanyak 31 provinsi di Indonesia untuk mengunjungi Tempat Pembungan Akhir (TPA) sampah Cahaya Kencana, Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar, pekan lalu.

Kunjungan tersebut dimaksudkan untuk pembelajaran lapangan sekaligus menggali metode pengelolaan tempat pembuangan akhir (TPA) sampah di Cahaya Kencana Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

Rombongan dari 31 provinsi di Indonesia ini disambut Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banjar Boyke W Tristianto, di TPA Cahaya Kencana, Karang Intan, Jumat (27/10) pagi.

Boyke sat menyambut kunjungan dari Kementrian LHK dan perwakilan 31 provinsi mengatakan, senang dapat berbagi informasi kepada daerah lain. Dan ini juga dapat mempererat silaturahmi antar daerah, ujar Boyke.

Ditambahkannya, Kabupaten Banjar melakukan berbagai program untuk mengelola sampah secara ramah lingkungan. Di TPA Cahaya Kencana, dilakukan pendauran ulang sampah menjadi produk yang bernilai ekonom

is serta menciptakan sumber energi terbarukan dengan memanfaatkan sampah sebagai bahan bakar utama pembuatan biogas metan.

TPA Cahaya Kencana, tahun ini berhasil meraih penghargaan yang ketiga kalinya untuk TPA terbaik TPA Cahaya Kencana juga merupakan TPA pertama yang bisa memanfaatkan sampah menjadi energi listrik.

Ini semua memerlukan proses dan kerja keras serta komitmen yang kuat dari semua yang terlibat untuk membangun TPA hingga menjadi sebuah TPA seperti saat ini, jelas Boyke, di hadapan para tamu. (MC-Kab.Banjar/tohal/dani/toeb)

You might also like More from author