BLH Kab.Banjar Serius Menggarap Bank Sampah

339

MARTAPURA – Sosialisasi dan evaluasi Bank Sampah di Kabupaten Banjar dalam rangka mendukung raihan Adipura tahun 2016 ini, Kamis (24/3) pagi kemarin digelar di Guest House Sultan Sulaiman Martapura.

Lebih dari 300 peserta sosialisasi dan evaluasi sengaja didatangkan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Banjar untuk bersinergi mendukung raihan Adipura tahun ini. Mulai dari perwakilan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), kecamatan, kelurahan, sekolah hingga perwakilan warga yang peduli dengan lingkungan Kabupaten Banjar.

Bupati Banjar KH Khalilurrahman dalam sambutannya yang dibacakan Kepala BLH Banjar Dr Farid Soufian Madar mengatakan, bank sampah adalah strategi untuk membangun kepedulian masyarakat agar berkawan dengan sampah. Harapannya menjadi tambahan nilai ekonomi langsung dari sampah tersebut. “Penggarapan bank sampah itu wajib diseriusi,” ujarnya.

Bank sampah tidak dapat berdiri sendiri melainkan harus diintegrasikan dengan gerakan reuse, reduce, recycle di kalangan masyarakat, sekolah pesantren, institusi sehingga manfaatnya langsung dirasakan baik dari segi ekonomi dan pembangunan lingkungan yang bersih dan hijau guna menciptakan masyarakat yang sehat.

Dr Farid menambahkan, sebaran bank sampah di Kabupaten Banjar ada 40 unit dengan target titik pantau Adipura sebanyak 100 bank sampah. Satu per satu lokasi bank sampah disebutkan Farid. Ia pun mengabsen satu-satu perwakilan yang hadir.

“Kita minta keseriusannya dalam penggarapan bank sampah. Karena itu kita panggil satu-satu. Hadir di acara ini adalah salah satu bentuk keseriusannya,” pungkasnya.

Ia kembali mengingatkan agar semua SKPD di Kabupaten Banjar wajib terdapat bank sampah. Saat ini dari total keseluruhan SKPD baru 20 persen yang punya bank sampah. BLH sendiri sudah membangun bank sampah tiga tahun lalu. Operasionalnya saat ini cukup menggembirakan.

You might also like More from author