Cinta Tanaman Cinta Lingkungan

296

Mencintai tanaman adalah salah satu wujud kita mencintai alam. Sejatinya alam telah memberikan kita semua yang kita perlukan untuk hidup, setidaknya dengan mencintai tanaman kita bisa berterimaksih kepada alam.

Pohon merupakan salah satu media yang mengeluarkan oksigen yang merupakan unsur yang sangat penting untuk kehidupan manusia. Dengan memberikan pupuk secara berkala dapat membantu tingkat kesuburan pada tanaman.

Pohon atau juga pokok ialah tumbuhan yang berkayu, dan terbagi menjadi dua kelompok tumbuhan :
• Pertama kelompok pohon berakar tunjang (dikotil) terdiri dari batang pohon merupakan batang utama yang tumbuh tegak tajuk pohon, akar, dan akar tunjang berfungsi untuk memperkokoh berdirinya pohon. Batang pohon merupakan bagian utama pohon, dan menjadi penghubung utama dengan bagian akar sebagai penyerap air, dan mineral, Cabang adalah juga batang, tetapi berukuran lebih kecil dari berfungsi memperluas ruang bagi pertumbuhan daun sehingga mendapat lebih banyak cahaya matahari dan juga menekan tumbuhan pesaing di sekitarnya. Batang dibalut dengan kulit yang melindungi batang dari kerusakan, dan cabang yang lebih kecil ialah ranting, dan daun untuk berfotosintesis.
• Kedua kelompok pohon berakar serabut (monokotil) terdiri dari pohon, akar, pelepah, dan daun, pohon berakar serabut tidak bercabang contoh pohon kelapa.
Pohon dibedakan dari semak, Semak juga memiliki batang berkayu, dan bentuknya jauh lebih kecil dibanding dengan bentuk pohon. Demikian juga pisang bukan pohon karena tidak memiliki batang sejati yang berkayu. Jenis-jenis mawar hias lebih tepat disebut semak daripada pohon karena batangnya walaupun berkayu tidak berdiri tegak, dan habitusnya cenderung menyebar menutup permukaan tanah.
Dalam bahasa sehari-hari, pengertian pohon agak lebih luas, yang dalam botani disebut “pohon semu”. Contoh paling umum dari kasus ini adalah “pohon” pisang. (wikipedia.com)

Nah, yuk kita menanam tanaman khususnya pohon disekitar lingkungan kita, agar generasi berikutnya dapat merasakan manfaatnya. Satukan Langkah Satukan Hati Untuk Bumi Kita Yang Cuma Satu.

You might also like More from author