Pohon Kalpataru Lambang Kehidupan ?

707

Pernah dengar sebutan untuk pohon kalpataru yaitu Pohon Kehidupan ? Kenapa dikatakan demikian ? Pohon Kalpataru sebagai lambang kehidupan merupakan pohon dari keluarga Moraceae Genus Ficus dengan nama ilmiah Ficus Religiosa. Di India secara umum pohon Kalpataru lebih dikenal dengan nama pohon Bodhi. Dalam agama Budha, pohon Bodhi ini dikaitkan dengan ‘pencerahan’ yang diterima Pangeran Sidharta.

Masyarakat Indonesia, selain menyebut pohon bodhi juga terkadang dinamakan pohon Waringin atau beringin yang memiliki makna yang sama yaitu sebagai pohon pelindung dan penghidupan.

Kalpataru berasal dari bahasa Sansekerta dari dua kata yaitu kalpa yang berarti keinginan, pengharapan dan taru berarti pohon. Jadi kalpataru adalah pohon pengharapan. Kita dapat menemunkan relief-relief pohon Kalpataru di dinding candi-candi seperti Candi Borobudur, Candi Pawon, Candi Mendu, dan candi lainnya

Kalian pasti tidak asing dengan logo di atas. Ya, ini adalah logo dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, di dalam logo ini menempatkan pohon kalpataru sebagai simbol utama. Seperti yang kita ketahui tadi, kalpataru merupakan simbol kehidupan, tak heran kenapa pohon kalpataru dijadikan logo Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Foto : Kantor Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banjar

You might also like More from author