Kegiatan Penanaman Pohon Bungur

37

Apa itu pohon bungur, mungkin bagi para aktivis lingkungan tidak asing lagi, namun untuk teman-teman yang lain juga mungkin bertanya-tanya karena mungkin agak asing ya. Mungkin yang lebih banyak kita kenal itu pohon trembesi, sengon, kalpataru, akasia ya kan ? Nah, ada yang tau gak apa itu pohon bungur ?

Dalam bahasa ilmiah nya Pohon Bungur memiliki nama Lagerstroemia, bungur adalah sejenis tumbuhan berwujud pohon atau perdu yang dikenal sebagai pohon peneduh jalan atau pekarangan. Bunganya berwarna merah jambu, bila mekar bersama-sama akan tampak indah. Perbanyakan anakannya berasal dari biji yang keluar setelah proses pembungaan selesai. Bijinya berbentuk bulat berwarna coklat sebesar kelereng. Selain itu bisa juga diperbanyak dengan pencangkokan.

Ada dua jenis bungur yang populer sebagai tanaman hias pekarangan: bungur biasa/besar/kebo (L. speciosa), pohon besar mencapai 8 m, dan bungur jepang (L. faurieri, L. indica, dan hibrida keduanya) yang lebih kecil, berbentuk perdu. Bungur besar dulu juga banyak ditanam di pekuburan. Kini selain ditanam sengaja di pinggir jalan raya dan halaman rumah, juga banyak tumbuh liar di tepian sungai.

Nah, kali ini Dinas Lingkungan Hidup melakukan penanaman Pohon Bungur sebanyak 200 bibit pohon siap tanam yang di tanam di kawasan Jalan Lingkar Selatan Kabupaten Banjar.

You might also like More from author