Polusi Udara Potensi Sebab Kepunahan

420

Pernah dengar istilah mer*kok memb*nuhmu ? Terlepas dari kata-kata itu, sebenarnya ada yang lebih berbahaya untuk kesehatan, benar, polusi udara dengan skala yang lebih luas. Asar kendaraan yang dilepaskan ke udara sedikit banyak nya menimbulkan dampak negatif untuk kesehatan. Apabila kita terpapar terlalu lama maka sangat membahayakan tubuh kita. Lalu apa peran Dinas Lingkungan Hidup terkait pencemaran udara ?

Dinas Lingkungan Hidup melalui Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan memiliki tugas utama dalam mengendalikan tingkat pencemaran lingkungan, khususnya pencemaran air dan udara. Mengapa hal ini menjadi perhatian khusus Dinas Lingkungan Hidup ? Selain telah diatur dalam Peraturan Bupati Banjar No. 64 Tahun 2016 yang menjelaskan tentang tugas pokok dan fungsi Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banjar, Polusi Udara tidak bisa disepelekan karena udara (oksigen) adalah unsur yang sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia.

Tentu kalian yang berdomisili di kawasan Martapura dan sekitarnya perndah merasakan dampak kebakaran hutan yang cukup berat di tahun 2012 silam bukan ? Kebakaran hutan dan lahan kala itu merupakan yang terparah, meski ada juga yang cukup parah dampaknya di beberapa tahun berikutnya namun tahun 2012 lah yang terparah.

Dengan adanya pengawasan ketat saja kala itu masih bisa terjadi polusi besar seperti itu, apalagi tanpa pengawasan, tanpa langkah-langkah pencegahan, bagaimana bila itu terjadi ? Bisa saja polusi parah seperti itu kelak membahayakan kelangsungan hidup manusia.

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banjar terus berupaya menjaga stabilitas mutu udara di kawasan Kabupaten Banjar melalui kegiatan Pengawasan Pencemaran Udara. Pengawasan dilakukan rutin guna mendapatkan hasil maksimal. Dinas Lingkungan Hidup juga bekerjasama dengan pihak terkait dalam pencegahan kebakaran lahan, seperti BPBD, pemadam.

Melalui Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan, Dinas Lingkungan Hidup terus berupaya meminimalisir potensi timbulan polusi udara, khususnya dari perusahaan dengan skala sedang hingga besar yang tentunya menghasilkan polusi pabrik lebih tinggi. Semangat Dinas Lingkungan Hidup untuk terus dapat berkontribusi dalam pengawasan mutu udara kedepannya.

You might also like More from author